About - Contact - Privacy Policy - Terms - Disclaimer - Sitemap

Pengulangan Di Delphi XE5 (For, While, Repeat)

Pengulangan Di Delphi XE5(For, While, Repeat) - Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengulangan atau loop dalam pemrograman delphi, pengulangan akan sangat bermanfaat ketika kita menjumpai masalah yang besar yang membutuhkan penyelesaian terkadang sama dengan pola yang sudah kita ketahui.
Saya jadi ingat ketika sedang bercanda dengan teman saya di kampus, dia berkata seperti ini pada saya "Bro coba bayangin waktu lu di SD dan lu kena hukuman harus nulis di papan tulis 'Saya bersalah dan saya tidak akan mengulanginya lagi' sebanyak 100 kali, mungkin kalau sekarang lu dihukum kaya gitu , yang lu tulis malah algorithma pemrograman looping" saya tersenyum dan bercandaan teman saya ini ada bener juga, tulisan yang harus saya tulis banyak bisa dengan mudahnya diselesaikan dengan beberapa kata saja.
Di dalam jenis-jenis pengulangan nantinya akan ada 2 buah funsgi yang disebut Increment(Menigkat) dan Decrement(Menurun)
Ngomong-ngomong soal Pengulangan Di Delphi XE5 terdapat 3 jenis pengulangan yaitu : 
  1. For
  2. While
  3. Repeat

1. Jenis Pengulangan For

  • For To Do

For To Do ini adalah pengulangan yang sangat simpel menggunakan nilai awal, nilai akhir, dan pola perulangan. Pengulangan ini juga digunakan untuk melakukan Increment (Penambahan suatu angka).
Srtuktur dari pengulangn for to do ini adalah :
for nilai_awal to nilai_akhir do
begin
    Apa yang diulang;
end;

var i,n:integer; //menambahkan variabel i dan n dengan tipe data integer
begin
  i:=1; // Nilai i atau nilai awal adalah 1
  n:=10; //Nilai n atau nilai akhir adalah 10
  for i := i to n do //Bisa diartikan untuk i adalah dari  i=1 sampai n=10 lakukan
    memo1.Lines.Append(IntToStr(i)); //Lakukan pengisian pada memo1 nilai dari variabel i
end;
  • For Down To Do

For Down To Do ini merupakan jenis kedua dari pengulagan for perbedaannya jika for to do adalah meningkat (Increment) nah for down to do ini digunakan untuk menurun(Decrement), strukturnya yaitu :
for nilai_akhir to nilai_awal do
begin
    Apa yang diulang;
end;

var i,n:integer;
begin
  memo1.Clear;
  i:=1;
  n:=10;
  for i := n downto i do // i adalah n=10 menurun sampai ke i=1 lakukan
    memo1.Lines.Append(IntToStr(i));
end;

2. Jenis Pengulangan While

Berbeda dengan pengulangan for , pengulangan while ini bisa melakukan dua operasi Meningkat dan Menurun sekaligus, dengan menggunakan perintah inc() untuk meningkat dan dec() untuk menurun
Struktunya yaitu :
While i<n do
begin
    Apa yang diulang;
    inc(i)
end;

var i,n:integer;
begin
  i:=1;
  n:=10;
  while i<=n do
  begin
    memo1.Lines.Append(IntToStr(i));
    inc(i);
  end;

3. Jenis Pengulangan Repeat

Pengulagan jenis ini hampir sama seperti pengulangan while bisa melakukan increment dan decrement dengan perintah inc() dan dec(). Struktunya yaitu :
Repeat
  Apa yang diulangi;
  inc(i);
until (i>n)

var i,n:integer;
begin
  i:=1;
  n:=10;
  repeat
    memo1.Lines.Append(IntToStr(i));
    inc(i);
  until i>n;
end;

Untuk lebih jelasnya pemirsa Anehasan Blog bisa mendownload source code Pengulangan Di Delphi XE5(For, While, Repeat) disini.
Sepertinya postingan saya kali ini tentang Pengulangan Di Delphi XE5(For, While, Repeat) telah selesai semoga bermanfaat bagi pemirsa semuanya saya ucapkan terimakasih dan jangan lupa berkomentar bila ada yang ditanyakan.

0 Response to "Pengulangan Di Delphi XE5 (For, While, Repeat)"

Post a Comment