About - Contact - Privacy Policy - Terms - Disclaimer - Sitemap

Penggunaan Variabel Dalam Pembuatan Aplikasi Di Delphi XE5

Penggunaan Variabel Dalam Pembuatan Aplikasi Di Delphi XE5 - Selamat siang semuanya kemarin saya sudah membuat postingan tentang  Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Dengan Delphi XE5 hari ini saya mau lanjutin tutorial pemrograman Delphi XE5 tapi masih ilmu dasar juga, kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana menggunakan variabel di delphi.
Saya akan sedikit menjelaskan tentang Variabel , variabel adalah wadah atau tempat untuk menyimpan sebuah data. Adapun penulisan variabel pada delphi ialah "var nama_variabel:tipedata;" misalkan var nama:string; untuk membuat variabel dengan tipe data string atau teks. Tipe data pada delphi yang akan banyak digunakan adalah : string (Teks),integer(Angka),float(Angka berkoma),boolean (True atau False) dan char (Karakter).

Jenis-jenis Variable Dalam Delphi XE5 :

  • Variabel Global

Variabel Global , Variabel Menyeluruh yang bisa digunakan oleh semua procedure atau function pada Delphi XE5, jadi variabel ini bisa digunakan berkali-kali di bagian Function/Procedure yang berbeda. Variabel global ini disimpan dibagian atas program tepatnya dibawah implementation dan {$R * .dfm}.

Contoh Variabel Global Delphi dengan Tipe Data String
  • Variabel Lokal

Variabel Lokal , Variabel Dalam Negeri heheh bercanda kok, Variabel lokal ini biasa digunakan hanya untuk satu buah procedure atau function dalam Delphi XE5. variabel lokal disimpan dibagian procedure masing-masing tepatnya diatas begin dibawah procedure TForm2.blabla.

Penggunaan Variabel Dalam Pembuatan Aplikasi Di Delphi XE5
Contoh Variabel Global Delphi dengan Tipe Data Integer

Mendeklarasikan Sebuah Variabel Di Delphi XE5

Mendeklarasikan Variabel iala istilah untuk mengisikan data ke dalam sebuah variabel nah untuk Mendeklarasikan sebuah variabel bisa secara langsung atau mendeklarasikan lewat sebuah inputan dari komponen input seperti edit
  • Mendeklarasikan Variabel Secara Langsung

Caranya sangat mudah misalkan saya akan mendeklarasikan sebuah variabel dengan tipe data string
var nama_variabel:string='Ini adalah teks string yang diisikan pada variabel';
  •  Mendeklarasikan Variabel Melalui Komponen Input

Saya berikan contoh untuk mendeklarasikan data pada variabel dengan komponen Edit misalkan saya akan menginputkan sebuah nama berupa string atau teks dari edit.
nama_variabel:=(edit1.Text);
nah jika data yang diinputkan ingin berupa nilai angka atau integer maka
nama_variabel:=StrToInt(edit1.Text);

Sepertinya Postingan saya mengenai Penggunaan Variabel Dalam Pembuatan Aplikasi Di Delphi XE5 sudah selesai , intisarinya adalah penting sekali penggunaan variabel dalam pemrograman karena dengan adanya variabel pemrograman menjadi lebih efektif dan efisien, sekian postingan saya kalin ini semoga bermanfaat bagi pemirsa semua dan terimakasih . tinggalkan komentar yah bro :D

0 Response to "Penggunaan Variabel Dalam Pembuatan Aplikasi Di Delphi XE5"

Post a Comment