About - Contact - Privacy Policy - Terms - Disclaimer - Sitemap

Pengkondisian Pada Pemrograman Delphi (If then Else dan Case Of)

Pengkondisian Pada Delphi (If then Else dan Case Of) - Selamat sore menjelang malam pemirsa Anehasan Blog kemarin saya sudah posting tentang Penggunaan Variabel Dalam Pembuatan Aplikasi Di Delphi XE5 untuk kali ini saya akan membahas tentang pengkondisian dalam pemrogram Delphi , tidak jauh berbeda dalam bahasa pemrograman lain pengkondisian di Delphi ini ada dua jenis yaitu :
 1. If Then
  • Tunggal (Singel)
  • Jamak (Nested)
2. Case Of

1. Pengkondisian If Then Di Delphi

Menurut saya sendiri pengkondisian ini merupakan pengkondisian yang paling banyak dipakai oleh saya karena menurut saya if then ini simple, aturan dalam pembuatan kondisi dalam delphi ialah jangan mengetikan semi colon ;(titik koma) jika terapat else dibawahnya, gunakan and bila ada dua kondisi yang harus bernilai true mis : if (kondisi) and (kondisi) then selain and pun ada or namun yang saya sering pakai adalah or
  • Single If Then (Tunggal)

If tunggal ini mempunyai struktur yang sederhana , hanya mempunyai 2 aksi saja contohnya ialah : 

Contoh pertama :
Untuk contoh pertama ini aksi dilakukan bila kondisi true dan jika kondisi false maka tidak ada aksi yang dilakukan

If (Kondisi) then
   Aksi bila kondisi true

Contoh kedua :
Untuk contoh kedua ini aksi pertama dilakukan bila kondisi bernilai true sedangkan aksi kedua dilakukan bila kondisi bernilai false

If (Kondisi) then
   Aksi bila kondisi true
else
   Aksi bila kondisi false
  • Nested If Then (Jamak/Bersarang)

If nested ini bisa dibilang if di dalam if  digunakan bila terdapat banyak pilihan kondisi dalam kondisi, bingungkan langsung saja saya kasih , untuk if nested ini kita harus menggunakan begin , contoh :

Contoh Pertama :
If (Kondisi1) then
begin
   Aksi 1;
   Aksi 2;
   Aksi 3;
end
else 
If (Kondisi2) then
   Aksi 1;
   Aksi 2;
   Aksi 3;
end

Contoh Kedua :

If (Kondisi-Induk) then
begin
  If (Kondis-Anak 1)
     Aksi
  else if (Kondisi Anak 2)
     Aksi;
end 
else
If (Kondisi-Induk2) then
begin
  If (Kondisi-Anak1)
     Aksi
  else if (Kondisi-Anak2)
    Aksi;
end

2. Pengkondisian Case Of

Pengkondisian yang kedua adalah case of , pengkondisian ini lebih simple dibandingkan dengan if then namun saya sendiri jarang menggunakannya , berikut contoh nya :

Contoh Pertama :

Case (Variabel) Of
     kondisi 1 : Aksi;
     kondisi 2 : Aksi;
     kondisi 3 : Aksi;

Contoh Kedua :
Case (Variabel) Of
     kondisi 1 : Aksi;
     kondisi 2 : Aksi;
     kondisi 3 : Aksi
else 
     Aksi;

Sepertinya pembahasan saya tentang Pengkondisian Pada Pemrograman Delphi (If then Else dan Case Of) ini sudah selesai , saya mohon maaf karena saya tidak menyertakan contoh gambar seperti biasanya tapi mungkin hanya dengan materi saja bisa bermanfaat untuk pemirsa semuanya. nah untuk contoh penggunaan pengkondisian ini akan banyak dibahas dalam postingan saya berikutnya. saya ucapkan sekian terimakasih dan jangan lupa meninggalkan jejak dengan berkomentar yah :D

0 Response to "Pengkondisian Pada Pemrograman Delphi (If then Else dan Case Of)"

Post a Comment