About - Contact - Privacy Policy - Terms - Disclaimer - Sitemap

Berkenalan Dengan Delphi XE5

Berkenalan Dengan Delphi XE5 - Selamat malam para pemirsa Ane Hasan Blog kalian sudah tahukan apa itu Delphi dan mengapa harus Delphi?, karena menurut dosen saya pemrograman delphi ini adalah bahasa pemrograman yang sedang populer saat ini selain itu delphi juga merupakan bahasa pemrograman yang masih terus dikembangkan hingga saat ini. Mungkin pemirsa sudah pernah mempelajari delphi menggunakan Borland Delphi atau Turbo Delphi , namun disini saya akan menggunakan software untuk pemrograman Delphi yang terbaru yaitu Embarcadero RAD Studio XE5.

Sebagai Awal Perkenalan Dengan Delphi XE5 saya akan menjelaskan bagian-bagian dari software Embarcadero RAD Srudio XE5 secara garis besarnya saja, berikut ini tampilan dari RAD Studio XE5 : 

Berkenalan Dengan Delphi XE5

  1. Menu Bar , menu tersebut digunakan untuk membuat project baru, form baru, menyimpan project, dll.
  2. Menu Toolbar , digunakan untuk menjalankan project, dll.
  3. Tab Menu , digunakan untuk perbindah dari unit ke unit atau dari project ke project lainnya, juga digunakan juga jika kita membuat sebuah project dengan jumlah form yang lebih dari satu.
  4. Structure , berisi tentang komponen-komponen yang terpasang di form kerja delphi.
  5. Object Inspector , brisi properties dan event , properties nantinya digunakan untuk mengubah warna form atau properties komponen lainnya, sedangkan event digunakan untuk mengisi aksi jika sebuah komponen diklik atau disorot.
  6. Project Manager , berisi file-file yang berhubungan dengan project delphi yang dibuat.
  7. Tool Paette , berisi komponen-komponen yang nantinya akan ditambahkan ke form , seperti button , edit, radio button, memo dan masih banyak lagi.
  8. Menu tab , nantinya digunakan untuk melihat Code dari project yang kita buat, Design digunakan untuk mengedit atau mengubah tampilan form yang dibuat.
Nah cukup sekian postingan saya tentang Berkenalan Dengan Delphi XE5 , nantinya saya akan melanjutkan postingan ini mulai dari membuat form, membuat program sederhana dan lain-lainnya jadi kunjungi terus Anehasan Blog ini yah

0 Response to "Berkenalan Dengan Delphi XE5"

Post a Comment